Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-Malaikat Allah Swt.

Assalamu'alaikum teman-teman yang di rahmati oleh Allah Swt. Tahukah kalian bahwa malaikat pernah bertanya kepada Allah Swt. Ketika Allah hendak menciptakan manusia malaikat bertanya, “Apakah Engkau akan menciptakan makhluk yang kerjaannya merusak dan menumpahkan darah, sementara kami senantiasa bertasbih dan memuji-Mu?” Allah Swt. menjawab, “Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”. (Q.S. al-Baqarah/2: 30)

Menurut percakapan tersebut jelas bahwa Allah Swt. telah menciptakan malaikat sebelum diciptakannya manusia. Jadi, malaikat itu bukan makhluk khayalan, melainkan makhluk yang benar-benar ada.

Para malaikat merupakan makhuk yang berbeda dengan kita. Mereka makhluk gaib yang diciptakan dari cahaya oleh Allah Swt. Mereka memiliki sifat sangat taat dalam menjalankan perintah-Nya dan tidak pernah ingkar sedikit pun. Mereka adalah hamba-hamba Allah Swt. yang mulia. Mereka sangat senang dan cinta kepada manusia yang berbuat mulia. Maukah kalian menjadi manusia yang dicintai Allah Swt. dan para malaikat-Nya? Subhanallah, mau sekali!

A. Malaikat Allah Swt.

Sama halnya dengan manusia malaikat juga termasuk makhluk Allah Swt. Mahasuci Allah yang telah menciptakan makhluk dengan berbagai macam bentuk dan keadaan. Meskipun tidak permah berjumpa dengan malaikat, kita harus percaya akan keberadaannya. Allah Swt. menjelaskan dalam Q.S. Al-Anbiya/21: 19 berikut ini.

 وَلَهٗ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ؕ وَمَنۡ عِنۡدَهٗ لَا يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسۡتَحۡسِرُوۡنَ‌ۚ

“Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (Malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih “(QS al-Anbiya/21: 19)

Iman kepada malaikat termasuk rukun iman yang kedua. Malaikat diciptakan dari nur llahi (cahaya Allah). Malaikat diciptakan oleh Allah Swt. sebagai utusan-Nya untuk mengurusi berbagai urusan.


Baca juga

Sifat-sifat dan perilaku malaikat antara Lain:

1. Selalu patuh kepada Allah Swt. Dan tidak pemah berbuat maksiat kepada-Nya.

2. Malaikat dapat berubah wujud sesuai kehendak Allah. Kadang-kadang Jibril datang kepada Nabi Muhammad saw. menyamar seperti sahabat yang bermama Dihyah al-Kalbi, terkadang seperti sahabat dari Arab Badui.

3. Malaikat tidak makan dan tidak minum.

4. Malaikat tidak memiliki jenis kelamin.

5. Malaikat tidak pernah letih dan tidak pula berhenti beribadah kepada Allah Swt.

6. Malaikat senang mencari dan mengelilingi majelis zikir.

7. Malaikat berdoa bagi hamba yang duduk menunggu salat berjamaah.

Setelah mengetahui sifat-sifatnya, kita akan mengkaji perbedaan malaikat, jin, dan manusia seperti yang tercantum dalam tabel berikut ini:


No. Malaikat Jin Manusia
1. Diciptakan dari nur atau cahaya Diciptakan dari api Diciptakan dari tanah
2. Makhluk gaib Makhluk gaib Makhluk yang terlihat mata(kasat mata)
3. Selalu patuh dan taat kepada perintah Allah Swt. Ada yang patuh dan ada yang durhaka kepada Allah Swt. Ada yang patuh dan ada yang durhaka kepada Allah Swt.
4. Tidak makan dan tidak minum Makan dan minum Makan dan minum
5. Pikirannya jernih dan lurus Pikirannya berubah-ubah Pikirannya berubah-ubah
6. Tidak mempunyai nafsu Mempunyai nafsu Mempunyai nafsu




Sumber Referensi:

Muhammad, Sumiyati, dan Mustahdi. 2017. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Jakarta: PT. Gramedia.