Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqamah (IV)

Berikut contoh kisah yang mengandung tentang sifat amanah seseorang!


Sifat Amanah dalam Jual Beli

Muhammad Ibnu al-Munkadir memiliki toko busana dengan berbagai jenis gaun yang harganya mahal, mulai dari yang lima hingga sepuluh dirham.

Suatu ketika, Muhammad Ibnu al-Munkadir pulang ke rumah. Toko dijaga oleh pelayannya. Saat ada konsumen toko yang mau membeli gaun yang sebenarnya harganya lima dirham, pelayan itu malah menjualnya dengan harga sepuluh dirham.

Ketika hal itu diketahui oleh Muhammad Ibnu al-Munkadir, ia segera mencari si pembeli hingga waktu yang cukup lama. Ketika bertemu dengan si pembeli gaun itu, Muhammad Ibnu al-Munkadir berkata, "Pelayanku telah salah jual. la menjual baju kepada Anda dengan harga sepuluh dirham. Padahal harganya hanya lima dirham."

Si pembeli itu berkata. "Tidak apa-apa, Tuan, saya rela kok."

Ibnu al-Munkadir menjawabnya, "Ya, Anda rela, tetapi aku tidak rela sampai kita sama-sama rela. Anda pilih salah satu dari tiga usulan saya! Anda ambil baju yang senilai sepuluh dirham atau aku kembalikan uang Anda yang lima dirham itu atau Anda kembalikan baju milik kami dan Anda menerima dirham milik Anda."

Lelaki itu menimpali, "Berikan kembalian lima dirham milikku saja.

Muhammad Ibnu al-Munkadir segera memberikan lima dirham milik lelaki itu kemudian segera pulang. Lelaki Badui itu segera bertanya, "Siapakah orang tadi?"

"la adalah Muhammad Ibnu al-Munkadir" Laki-laki Badui itu kembali berkata, "Laa ilaaha illallaah, orang inilah yang kami cari-cari di padang sahara sana bila kami kelaparan."

(Sumber: 100 Kisah Teladan Tokoh Besar, Muhammad Sa'id Mursi & Qasim Abdullah Ibrahim)




 1  2  3  4